04 Maret 2009

Do'a-ku :" semoga dihindarkan dari hal-hal yang tidak aku inginkan"

Ketika aku renung-renungkan ternyata setelah dinyatakan lulus dan diterima sebagai Mahasiswa APDN dan mungkin jauh sebelum aku dinyatakan diterima sebagai Mahasiswa APDN, banyak pengalaman menarik yang aku alami, yang menurut penilaianku terjadi karena ke-MAHA PEMURAHAN IDA SANGHYANG WIDHI DAN IDA LELUHUR. Penilaianku tersebut dikarenakan do’a - do’a-ku "SEMOGA DIHINDARKAN DARI HAL-HAL YANG TIDAK AKU INGINKAN" tanpa aku sadari terjadi/aku alami. Diantaranya dapat aku ceritakan sebagai berikut :

Saat Ospek dan Latsarmil di APDN Mataram. Tak satupun Senior-seniorku yang aku kenal. Beda dengan teman-teman seangkatanku lainnya yang sebagian besar punya kenalan, entah itu sebagai kerabat keluarga, taman sekolah waktu SMA dan anak pejabat. Mereka semua ada yang mengurusi.bahkan diperlakukan istimewa oleh seniornya. Sementara aku yang tidak punya kenalan hanya bisa berharap dengan do'a - do'a semoga semua senior menaruh iba dan memberi perhatian terhadapku.
Dan harapanku ternyata benar-benar terkabulkan. Sungguh tak kuduga, mereka semua memperlakukan aku sebagaimana harapanku. Di saat-saat dahaga senior yang mencoba memberikan kenalannya air maupun es yang sangat berharga dan berarti disaat seperti itu, ternyata nyampai juga kepadaku. Disaat kelaparan, aku juga kebagian rejeki dari senior yang tidak ku kenal dengan memberiku sepotong roti yang sangat terasa luar biasa enaknya.
Begitu pula disaat aku terkena hukuman mereka memperlakukanku sangat wajar tidak seperti temanku yang lainnya, yang sama sepertiku, tidak ada yang mengenalinya. Mereka sering diperlakukan berlebihan, dipermainkan dan digojlok habis-habisan. Aku bersyukur, mereka tidak ada yang berani menggodaku.
Bahkan disaat-saat aku mengikuti kegiatan yang ada ancaman hukuman, dan aku merasa tidak siap dihukum atau takut dihukum (karena sering diperlakukan kurang ajar dan berlebihan), sesuatu yang tidak terduga sering terjadi, misalnya waktu kegiatan sudah habis sehingga aku tidak sempat menjalani hukuman. Bahkan ada kejadian yang pas waktunya sudah habis saat aku hampir terkena hukuman sehingga aku terhindar dari yang tidak aku inginkan.
Demikian juga disaat perkuliahan, saat aku harus tampil mempresentasikan karyaku dan aku merasa tidak siap untuk mempresentasikan karyaku karena aku merasa masih banyak kurangnya yang harus aku lengkapi sehingga layak dipresentasikan, aku juga sering dihindarkan dari hal yang tidak aku harapkan/inginkan meskipun menurut undian atau giliran yang sudah diacak atau diatur sedemikian rupa aku harus tampil mempresentasikannya. Dalam Kasus seperti ini Kejadiannya hampir sama dengan yang kualami diatas yaitu saat aku akan mendapat giliran tampil, waktu sudah habis. Atau saat aku akan dapat giliran, dosennya tidak diduga memberi apresiasi yang memakan waktu cukup banyak terhadap penampilan temanku dimuka sehingga waktunya habis. Atau saat aku akan mendapat giliran, urut-urutan yang semestinya sampai padaku tahu-tahu berubah sehingga untuk hari itu waktu kegiatan presentasi habis dan akhirnya ada waktu bagiku untuk melengkapi karyaku.
Dari kejadian-kejadian yang aku alami yang sebagian aku ungkapkan diatas, aku merasakan bahwa Ida Sanghyang Widhi dan Ida Leluhur memang maha pemurah, Astungkara………………………………………………………………………….

Tidak ada komentar: