04 November 2014

PAUD CANANG SARI MENGENALKAN AGAMA HINDU DAN BUDAYA BALI PADA ANAK-ANAK USIA DINI DI JEMBRANA

 Memperingati HUT-nya yang ke-dua, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Canang Sari mengelar berbagai lomba bernuansa Agama dan Budaya Bali yang selama ini identik dengan PAUD tersebut, bertempat di Wantilan Pura Jagatnatha Jembrana, Minggu 5/10-2014. Berbagai lomba tersebut diantaranya lomba Tri Sandya, Lomba membuat Klatkat, Lomba Membuat Canang Sari, Lomba membuat Segehan Manca Warna, Lomba Peragaan Busana Ke Pura dan lomba Karaoke lagu Putri Cening Ayu, yang diikuti oleh anak-anak TK  se-Kecamatan Jembrana.
Tingkah anak-anak yang mengikuti lomba tersebutpun sangat menggemaskan. Apalagi saat berlenggak-lenggok atau bercatwalk di panggung, dalam lomba peragaan busana. Beberapa peserta yang sengaja ditampilkan secara berpasangan, tampak layaknya model profesional dan tampil begitu penuh percaya diri. Namun ada juga beberapa anak yang menangis, minta tetap ditemani gurunya atau orang tua mereka. Yang cukup mengagumkan, juga saat para anak-anak tersebut membuat sarana upacara seperti klatkat, canang sari maupun segehan. Mereka tampak begitu telaten mengerjakannya, sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku, seperti hafal dengan warna-warna atau apa yang seharusnya ada didalam segehan maupun canang sari tersebut. Demikian halnya terjadi pada anak-anak yang mengikuti lomba melaksanakan Puja Tri sandya, semua perwakilan peserta lomba yang masing-masing terdiri dari 5 orang anak mampu melaksanakan puja Tri Sandya dengan baik.
Peringatan HUT PAUD Canang Sari dihadiri oleh Kepala Dinas Dikporaparbud, Kepala Kantor Kementrian Agama, dan beberapa pejabat terkait, diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala PAUD. Juga ditampilkan Drum Band anak-anak PAUD Canang Sari memeriahkan peringatan HUT sebelum pelaksanaan lomba dimulai.
Kepala PAUD Canang Sari, Ni Made Dwi Purnawati, mengungkapkan bahwa perlombaan yang bernuansakan Agama Hindu dan budaya Bali ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan dalam peringatan HUT PAUD Canang Sari yang bernuansakan Hindu. Pada peringatan tahun ke-2 PAUD Canang Sari, kegiatan lomba-lomba bernuansakan agama dan budaya Bali lebih di tingkatkan jenis dan kwalitasnya penyelenggaraannya, seperti adanya lomba membuat klatkat dan lomba karaoke lagu Putri Cening Ayu. Menurutnya Lomba-lomba serupa untuk anak-anak sangat jarang diadakan. Padahal melalui media lomba ini akan memberikan motivasi kepada anak-anak usia dini untuk belajar dan bisa melakukan. Hal ini juga menjadi misi PAUD Canang Sari yang bernuansakan Hindu yaitu memperkenalkan upacara dan upakara Agama Hindu dan Budaya Bali tidak hanya kepada anak-anak di PAUD Canang Sari saja tetapi juga mengimbas kepada anak-anak di TK lainnya di wilayah Kecamatan Jembrana sebagaimana yang sering diingatkan Komang Dhiyatmika, Ketua Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Kabupaten Jembrana,  selaku Penggagas dan Pendiri PAUD Canang Sari  kepada kami para pendidik.
Sementara Ketua Panitia, Komang Kurniawan menyebutkan bahwa acara ulang tahun dan lomba-lomba ini dapat terselenggara dengan baik berkat perhatian dan bantuan berbagai pihak. Salah satunya dari Bunda PAUD Kabupaten Jembrana, Nyonya Ari Sugianti Artha,  yang memberikan bingkisan kepada pemenang. Selain itu  Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jembrana, dan sejumlah pengusaha di Jembrana juga sangat perhatian kepada PAUD Canang Sari sehingga Peringatan HUT ke-2 PAUD Canang Sari yang mengambil tema “Melalui pelaksanaan Lomba-lomba kita perkenalkan Agama Hindu dan Budaya Bali kepada Anak-anak Usia Dini sehingga tumbuh menjadi anak anak yang berkarakter, berbudi pekerti yang luhur”, dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana. Dan yang tak kalah pentingnya adalah donasi dari orang tua anak-anak PAUD yang luar biasa dalam mendukung acara ini, pungkas Kurniawan yang juga sebagai Bendahara Yayasan Peradah Jembrana, yang menaungi PAUD Canang Sari Jembrana. (Humas DPK Jembrana)

Tidak ada komentar: