05 Mei 2009

Perjalanan Roh/Jiwa/Atman Setelah Kematian


Sebagai mahluk penghuni planet bumi ini, kita semua yakin dan percaya bahwa keberadaan kita ini diciptakan oleh Sang Maha Tunggal yaitu Tuhan. Tuhan sang pencipta alam beserta istrinya disebut dengan berbagai sebutan diantaranya disebut Allah, Yesus, Yahweh, Sanghyang Widhi dan masih banyak lagi sebutan lainnya. Disadari atau tidak penyebutan yang berbeda antara agama yang satu dengan yang lainnya terhadap Yang Maha Khalik tersebut ternyata juga membawa perbedaan terhadap sifat dan ajaran-ajaran dari sang maha khalik itu sehingga memberikan pengaruh yang berbeda pula bagi para penganutnya. Kepercayaan dan keyakinan akan kebenaran ajaran-ajaran yang diwahyukan oleh sang maha khalik tersebut, yang lebih dikenal dengan sebutan agama telah mengkotak-kotakan keberadaan para penganutnya. Pengkotak-kotakan ini terkadang terkesan mengekslusifkan agama yang satu dibandingkan dengan agama yang lainnya.
Di alam nyata mahluk ciptaan Tuhan ini telah dikelompok-kelompokkan kedalam berbagai agama yang ada, bagaimana nasib roh/jiwa/atman manusia setelah kematiannya? apakah juga dikelompok-kelompokkan sebagaimana agama yang dianutnya sewaktu hidup di bumi ini ?

Jawaban atas pertanyaan ini tentunya juga berbeda-beda tergantung dari sudut pandang masing-masing agama ?

Agama-agama rumpun Abrahamik mengelompokan roh/jiwa/atman orang meninggal berdasarkan keyakinannya bukan karena perbuatannya. Perbuatan seseorang tidak menentukan di sorga atau neraka tempat roh/jiwa/atman setelah kematiannya. Sekalipun perbuatan buruk atau penuh dosa sepanjang dia menganut agama itu akan masuk sorga. Sekalipun perbuatan seorang manusia baik, tetapi kalau beragama lain akan masuk neraka.
Hanya melalui Yesus manusia bisa mencapai Bapa di surga Dalam Islam, Nabi Mohamad mengusulkan/menentukan siapa yang masuk sorga atau neraka, Allah hanya menyetujui apa yang diusulkan atau ditentukan oleh Muhamad.

Menurut Hindu, orang masuk sorga, neraka atau bahkan moksah sekalipun adalah karena perbuatannya sendiri. Roh/jiwa/atman seseorang semasa hidup di bumi ini berkelakuan baik atau lebih banyak berbuat kebajikan dibandingkan dengan kejahatan maka roh/jiwa/atman akan masuk sorga dan begitu juga sebaliknya yang berbuat jahat atau kebanyakan berbuat jahat, akan masuk neraka. Hal ini tidak terpengaruh oleh keyakinannya apakah Hindu atau Non Hindu.

Pertanyaan berikutnya adalah : Mungkinkah Tuhan menciptakan sorga yang berbeda-beda bagi setiap pemeluk agama sesuai dengan keinginan pendiri agama itu?

Gambaran sorga dan neraka masing-masing agama juga berbeda beda. Ada agama yang menggambarkan sorga dimana manusia dengan tubuh seperti di dunia hidup bersama-sama Tuhan, sekalipun tidak dirinci apa yang mereka lakukan di sorga. Ada agama yang menggambarkan secara kategoris bahwa di Sorga, para lelaki yang beriman memenuhi kesenangan tubuhnya (makan, minum, seks) secara tak terbatas.

Dalam kepercayaan Hindu yang hidup di sorga maupun neraka hanya jiwa.
Tetapi tempat ini bukan tempat abadi. Sorga dan Neraka sekedar persinggahan sementara bagi atman yang tidak murni karena pengaruh karma wasana. Sorga bersifat sementara.
Bagawad Gita IX: 21 menyatakan : mereka menikmati sorga yang luas, dan ketika buah dari karma baik mereka habis, mereka memasuki dunia yang tidak abadi ini; demikianlah mereka yang mengikuti aturan Weda, mendambakan hasil dari perbuatan mereka, memperoleh lingkaran hidup dan mati (Diterjemahkan dari Bhagawad Gita, Commentary bay Mahatma Gandhi).

Bagi atman yang ketika hidup di dunia banyak berbuat subha karma (berbuat baik) dari pada asubha karma (berbuat tidak baik), mereka akan singgah sementara di sorga. Dan sebaliknya, bagi atman yang ketika hidup banyak berbuat asubha karma (berbuat tidak baik) dari pada subha karmanya (berbuat baik), mereka akan singgah di neraka. Ini semua karena hasil karma mereka masing-masing. Akibat tidak mampu mempertahankan kesucian sang atman yang suci, bagian dari Brahman yang Maha Suci.

Jadi setelah menikmati sorga atau neraka, jiwa bisa kembali lahir ke dunia untuk melanjutkan evolusinya sampai akhirnya mencapai moksa.

Tuhan/Sanghyang Widhi tidak pilih kasih, setiap orang membuat nasibnya sendiri, melalui karma yang mereka lakukan sebelumnya. Karma yang lampau-lah yang menentukan sebagai apa dan peranan apa yang dia terima dalam kelahirannya di dunia ini. Itulah sebabnya yang dilahirkan berbeda-beda. Ada yang jadi Pandita, Rohaniawan, Presiden, Pejabat ABRI maupun Sipil, Pengusaha Sukses/Ekonom, Konglomerat, Petani Sukses dan Kaya Raya, Peternak Sukses, Seniman, ada yang menjadi orang kaya, orang miskin, orang cacat, orang gelandangan dsb. Bahkan yang lebih jauh merosot adalah sebagai binatang dan tumbuhan. Hal ini juga merupakan salah satu motivasi umat Hindu dalam berbuat baik, setidaknya bisa mencapai surga, sehingga reinkarnasinya nanti masih pada manusia yang sempurna dan bernasib baik, dan ada kesempatan mencapai moksa

Tetapi yang penting diingat Sorga Hindu bukanlah sorga dimana manusia memuaskan nafsu badaninya. Karena yang hidup di sorga Hindu hanya jiwa, tanpa badan kasar. Neraka Hindu juga tidak seperti neraka dalam agama lain yang merupakan tempat penyiksaan yang kejam dan abadi terutama bagi mereka yang tidak seiman.

Neraka dalam Weda hanya disebutkan dalam tiga mantra sebagai tempat kegelapan saja, lawan dari sorga yang artinya dunia yang selalu terang.
Berbeda dengan sorga yang ada di dunia spiritual, neraka itu sebetulnya ada di dunia ini dalam bentuk penderitaan. Tetapi penderitaan kita di dunia ini sifatnya konstruktif. Bukan balas dendam dan kekejaman tanpa batas.

Karl Jasper, seorang filsuf Jerman mengatakan penderitaan membuat manusia melakukan refleksi, membuat hidup seseorang semakin dalam dan bermakna. Orang yang tidak pernah menderita (apa mungkin ada ?) hidupnya dangkal. Porselin yang indah dan mahal adalah tanah liat yang telah mengalami penderitaan ; ditumbuk,dibentuk dan dibakar dalam api yang sangat panas. Hasilnya barang seni yang berguna, indah dan tinggi nilainya. Sepotong bambu setelah dilubangi tubuhnya dengan bor panas menjadi seruling yang menghasilkan suara merdu.

Pertanyaan berikutnya adalah :Apakah sorga satu keadaan pengalaman batin atau satu dunia sesungguhnya kemana jiwa yang dibebaskan kembali ?

Kebanyakan Upanisad secara praktis sedikit sekali atau tidak mengandung rincian.

Chandogya (8.5.3) menjelaskannya sebagai satu dunia, ketiga dari dunia ini, didalamnya ada dua danau besar disebut Ara dan Nya. Disana juga ada penampungan air yang lebih kecil yang berisi makanan-jus disebut airammadya, Sp,asavama, sebatang pohon pee-pul dan satu kota disebut Aparajita, disana juga ada satu ruang besar keemasan.

Kausitaki Upanisad (1.3.4 dan 5) memberikan penjelasan yang lebih berwarna dan menambahkan satu sungai Viraja, dua penjaga pintu (Indra dan Prajapati), satu singgasana disebut Vicaksana dan satu kereta yang diberi nama Amitaujas. Lima ratus peri/bidadari menyambut jiwa yang terbebaskan dan memujanya. Keharuman dan rasa Brahma memasukinya pada keadaan yang tepat ketika dia masuk.

Seseorang yang mencapai Brahmaloka tidak akan kembali kepada keberadaan dunia ini (sumber : A Concise Encyclopaedia of Hinduism” oleh Swami Harshananda, Ramakrishna Math, Bangalore, First Edition, April 2008)

Dari penjelasan diatas surga adalah tempat, tetapi dalam dunia rohani, bukan dunia materi. (ini berbeda dengan sorga dan neraka agama-agama rumpun Yahudi, yang merupakan tempat sama seperti dunia ini. Mereka percaya dengan kebangkitan tubuh (materi) maka sorga dan nerakanya juga berupa tempat seperti dunia materi ini, ada tembok batasnya segala, katanya dibuat dari batu bata).

Berapa kilometer jauhnya? (apa mungkin ada yang mengukur jaraknya). Tapi dunia rohani tidak dapat diukur. Ia mungkin saja parallel dengan dunia materi ini. Tapi ia tidak dapat dilihat oleh mata fisik.

Kalau sorga atau neraka itu sifat atau keadaan, artinya surga atau neraka itu ada atau terjadi di dunia ini. Demikian juga moksha ? karena itu tidak ada kehidupan sesudah mati. Masalahnya kapan suatu sifat atau keadaan itu disebut sorga atau neraka ?

Seorang ibu yang mengalami sakit luar biasa waktu melahirkan apakah itu sorga atau neraka ? Seorang teroris yang senang karena telah membunuh ratusan orang, apakah itu sorga atau neraka ?
Nanti setiap orang dapat menentukan sendiri apa yang dia maksud dengan sorga atau neraka menurut kepentingannya sendiri. Manusia sering tidak dapat membedakan senang (preya) dengan bahagia atau yang baik (sreya).
Seorang penjudi senang ketika sedang main judi, tapi apakah itu hal yang baik dan membawa bahagia ?

Kalau sorga atau neraka sifat atau keadaan, lebih banyak menimbulkan pertanyaan dari pada jawaban. Oleh karena itu kita kembali kepada jawaban yang diberikan oleh Upanisad yang merupakan bagian integral dari Weda, yaitu surga dan neraka adalah tempat, tetapi dalam dunia rohani, bukan dunia materi.


8 komentar:

Anonim mengatakan...

bagus untuk refleksi dan perenungan ditengah arus besar pemikiran yang sebetulnya kurang rasional,dan kurang bisa dihaayati.

KangEndik mengatakan...

Mantap! Pencerahan yang berarti. Namun karena yang dibahas di luar pikiran dan rasa, ya sudah.. semua tergantung masing-masing pribadi yang mengalami. Terima kasih atas pencerahannya.

Unknown mengatakan...

Sangat bagus untuk pencerahan ,,, makna yg bnyak dan juga pengajaran yg baik , pengertian dan makna dari kehidupan sangat bagus ,tapi kurang lengkat penjelasannya mengenai ,perjalanan setelah kematian , itu harus di detelkan lagi soal ya itu bnyak manfaatnya di jaman ini , thank

Unknown mengatakan...

Sangat bagus untuk pencerahan

Unknown mengatakan...

Sangat bagus untuk pencerahan ,,, makna yg bnyak dan juga pengajaran yg baik , pengertian dan makna dari kehidupan sangat bagus ,tapi kurang lengkat penjelasannya mengenai ,perjalanan setelah kematian , itu harus di detelkan lagi soal ya itu bnyak manfaatnya di jaman ini , thank

Unknown mengatakan...

om Swastiastu,,,, sy mau bertanya, kemana perginya roh setelah meninggal? apakah dihari pertama roh itu masih ada di sekitar layon atau langsung menuju kealam lain untuk mempertanggung jawabkan karma palanya?

Unknown mengatakan...

Astungkara..

Agus85 mengatakan...

Justru pencerahan seperti ini yang saya cari dan saya dambakan. Dari awal saya tidak setuju dengan konsep surga dan neraka dalam ajaran agama yang selama ini selalu menunjukkan dialah yang paling benar, selalu mencap agama lain salah dan kafir, apa itu.. Sungguh ajaran bodoh agama seperti itu..