14 Agustus 2009

PEMBERIAN YANG PALING BAIK


Umumnya kalau orang berbicara tentang memberikan sesuatu kepada orang yang meminta adalah hampir dapat dipastikan hal tersebut menyangkut masalah keuangan dan/atau masalah materi/barang. Apakah pemberian berupa uang dan/atau materi itu merupakan pemberian yang paling baik diberikan kepada orang lain ? Jawabannya adalah ….relatif beragam. Tetapi orang bijak mengatakan bahwa pemberian yang paling baik diberikan kepada orang lain adalah pemberian berupa “Ilmu pengetahuan” Mengapa demikian ?

Dikatakan bahwa diantara berbagai macam pemberian yang dapat diberikan kepada orang lain, maka pemberian ilmu pengetahuanlah yang paling utama. Sebab itu, diantara Tri Guru yaitu Guru Rupaka (orang tua), Guru Wisesa (pemerintah), dan Guru Pengajian (guru disekolah/ashram), maka guru Pengajian yang paling utama. Mengapa ? Sebab yang membedakan manusia dengan binatang ialah ilmu pengetahuan yang diberikan oleh Guru Pengajian.
Binatang mempunyai induk sebagaimana halnya manusia mempunyai orang tua (Guru rupaka).
Binatang mempunyai Raja (raja semut, raja tawon dan sebagainya ) seperti halnya manusia memiliki Raja atau pemerintah (Guru Wisesa).
Dan manusia mempunyai Guru Pengajian yang mengajarkan ilmu untuk memudahkan hidup dan meningkatkan rohaninya melalui pendidikan dan pengajaran, sehingga manusia mempunyai budaya yang selalu berkembang. Sebaliknya binatang tidak memiliki hal itu, binatang tidak memiliki Guru Pengajian, binatang tidak memiliki budaya, dan tidak memiliki ilmu pengetahuan.
Jadi, hanya Guru Pengajianlah yang memberikan ilmu pengetahuan melalui pendidikan dan pengajaran untuk memudahkan hidup manusia. Pemberian ilmu pengetahuan merupakan “dana” yang utama. Dana berupa makanan hanya bertahan beberapa saat, habis itu lapar lagi. Tetapi, jika yang diberikan itu berupa ilmu pengetahuan bagaimana cara mencari makanan, maka seumur hidup ada manfaatnya. Demikian pula halnya dengan pengetahuan agama (spiritual), karena pengetahuan ini akan membimbing manusia untuk mampu menghadapi godaan-godaan duniawi yang maya ini.


Tidak ada komentar: